Ditengah Pandemi Covid 19 Tim PPM Prodi Sistem Informasi Unja Gelar Workshop Virtual Terkait E-Learning

Pemberian Materi Konsep E-Learning oleh Bpk Mauladi, S.T.,M.Eng
Pemberian Materi Konsep E-Learning oleh Bpk Mauladi, S.T.,M.Eng
Share

JAMBI - Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar pun dilakukan dari rumah. Mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan, metode pembelajaran online menjadi pilihan di tengah situasi pembatasan sosial yang diberlakukan oleh pemerintah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan kebijakan baru yang disebut dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Salah satunya mencakup beberapa poin yang intinya bertujuan untuk membuat perguruan tinggi lebih leluasa bergerak. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kemendikbud pun relevan dengan situasi dan kondisi pandemi yang sekarang kita alami.

Salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memanfaatkan LMS (Learning Management System) atau sering disebut dengan E-Learning. Melalui E-learning  mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan, melakukan discussion board melalui forum diskusi, chatroom, absensi, quiz, serta mengakses tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. 

Namun permasalahan yang muncul adalah mengenai ketersampaian materi pembelajaran dan indikator penilaian. Bagaimana keraguan dari para pendidik/Dosen akan kemampuan mahasiswa untuk menangkap materi, diikuti dengan keraguan tentang kejujuran. Jarak membuat indikator penilaian menjadi kabur, apakah benar mahasiswa betul-betul mendapatkan sebuah pencapaian dengan usahanya sendiri.

Dalam hal ini, Tim PPM Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi yang di ketuai oleh Bpk. Mauladi, S.T.,M.Eng melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat (PKM) secara virtual dengan tema Pembuatan Contoh Manajemen Konten Mata Kuliah Berbasis E-Learning Untuk Mendukung Konsep Merdeka Belajar.

Workshop ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang Akademik, Kerjasama dan Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi Bpk Dr. Tedjo Sukmono, S.Si.,M.Si, perwakilan Dosen dari masing - masing Prodi yang ada di Fakultas Sains dan Teknologi serta Tim PPM Prodi Sistem Informasi Universitas Jambi.

Tujuan diadakan workshop ini adalah mengenal lebih dalam manfaat dan konten manejemen dari e-learning untuk mendukung capaian pembelajaran. Pemberian materi di sampaikan oleh Bpk. Mauladi, S.T.,M.Eng selaku Ketua Tim PPM mengenai  konsep E-Learning. Selanjutnya materi manajemen konten berbasis e-learning oleh ibu Rizqa Raaiqa Bintana, S.T.,M.Kom. moderator oleh Bpk. Indra Weni, M.Kom. dan Ibu Reni Aryani, S.Kom.,M.S.I selaku narasumber serta di support oleh 2 anggota tim lainnya yaitu Bpk. Benedika F.H, S.Komp.,M.Kom dan Ibu Yolla Noverina, S.Kom.,M.Kom.

 

Kegiatan workshop virtual berlangsung dengan lancar. Terlihat antusiasme para peserta dalam mengikuti workshop tersebut. Bapak Mauladi, S.T.,M.Eng. berharap semoga workshop ini dapat menjawab permasalahan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar menggunakan e-learning.

Editor: Ra