PetroChina Beri Dukungan SMPN 21 Tanjabtim Hingga Raih Predikat Sekolah Sehat Berkarakter Nasional

PetroChina Beri Dukungan SMPN 21 Tanjabtim Hingga Raih Predikat Sekolah Sehat Berkarakter Nasional
PetroChina Beri Dukungan SMPN 21 Tanjabtim Hingga Raih Predikat Sekolah Sehat Berkarakter Nasional
Share

TANJABTIM- Sebagai komitmen dan bentuk kepedulian kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi, dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. turut aktif dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial, terutama bagi dunia pendidikan. Salah satunya bantuan diberikan kepada SMP Negeri 21 Tanjabtim, yang pada tahun 2020 ini memperoleh bantuan pembangunan sumur bor.

“Pada tahun 2020 ini, SMP Negeri 21 Tanjabtim kembali mendapatkan bantuan PetroChina untuk pembuatan sumur air bersih, yang saat ini proses pembuatannya sedang berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19. Karena saat musim kemarau tiba, sumur di SMP Negeri 21 Tanjabtim kerap mengalami kekeringan. Oleh karena itu di tahun ini, pihak PetroChina memberi bantuan pembangunan sumur bor sesuai kebutuhan kami.” jelas Hendri Darmanto, Kepala SMP Negeri 21 Tanjabtim.

Dikatakan Hendri Darmanto, bukan hanya bantuan yang diberikan pada tahun 2020, beragam kerja sama dan kemitraan telah dilakukan PetroChina, untuk peningkatan kualitas pembelajaran dan infrastruktur SMP Negeri 21 Tanjabtim.

Pada tahun 2016, SMP Negeri 21 Tanjabtim mengikuti program Ecological Awareness dari PetroChina, bersama sekolah-sekolah lain di area kerja Petrochina International Jabung Ltd. Selain itu pada tahun 2018, SMP Negeri 21 Tanjabtim mengikuti ajang perlombaan sekolah sehat berkarakter di tingkat kabupaten, dan berhasil meraih juara 1.

Kepala SMP Negeri 21 Tanjabtim, Hendri Darmanto menjelaskan, saat SMP Negeri 21 mendapatkan juara 1 lomba sekolah sehat berkarakter tingkat Kabupaten Tanjabtim, maka SMP Negeri 21 menjadi perwakilan sekolah dari Tanjabtim, yang bersaing dalam lomba sekolah sehat berkarakter di tingkat Provinsi.

“Untuk menunjang fasilitas dan tambahan pendukung dalam penilaian sekolah sehat berkarakter, SMP Negeri 21 mengajukan proposal bantuan kepada PetroChina, dalam hal ini penambahan dan pembuatan toilet siswa,” tuturnya.

Diterangkan Hendri Darmanto, permohonan tersebut ditanggapi serius oleh pihak PetroChina, dengan memberikan realisasi bantuan pembangunan toilet siswa kepada SMP Negeri 21 Tanjabtim. Bantuan yang diberikan berupa pembangunan toilet, yang dinilai sangat dibutuhkan, karena saat itu SMP Negeri 21 Tanjabtim memang kekurangan jumlah toilet, sementara perbandingan jumlah siswa dengan standar jumlah toilet masih sangat minim. Dengan adanya penambahan satu bangunan berupa 3 unit toilet hasil dari bantuan dan dukungan PetroChina, maka kekurangan fasilitas tersebut teratasi.

Selain itu pada tahun 2018 pula, SMP Negeri 21 Tanjabtim juga mendapatkan bantuan program sekolah hijau berupa green house, hidroponik, pemilahan sampah, dan peralatan pengolahan sampah dari PetroChina. Kemudian pada tahun 2019 mendapat bantuan renovasi sanitasi dan perbaikan lingkungan.

Dalam segi bantuan yang telah diberikan Petrochina, turut serta menjadi salah satu faktor yang mendongkrak penilaian lomba sekolah sehat berkarakter. Atas bantuan PetroChina tersebut, fasilitas dan perbaikan lingkungan sekolah menjadi lebih baik, hingga SMP Negeri 21 Tanjabtim berhasil menyabet juara 1 sekolah sehat berkarakter tingkat Provinsi Jambi dan berlanjut maju ke tingkat nasional. Hingga akhirnya di tahun 2019, SMP Negeri 21 Tanjabtim berhasil membawa pulang predikat juara 2 tingkat nasional dalam ajang lomba sekolah sehat berkarakter. (Rma)