Jalur Khusus Sepeda Bakal Disiapkan Pemprov Jambi

Illustrasi
Share

JAMBI - Makin banyaknya pesepeda di Kota Jambi membuat infrastruktur jalan tersendiri harus mulai dipersiapkan.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan membuat jalur khusus sepeda di sekitaran jalanan ibu kota.

Setidaknya ada dua rute jalur sepeda yang akan dibuat Dishub dalam proyeksinya pada APBD Perubahan 2020. Jalur itu yakni di Jalan Arif Rahman Hakim tepatnya pada rute Simpang Bank Indonesia munuju kampus UIN STS Jambi Telanai.

Kemudian yang kedua pada rute Simpang Tugu Juang menuju kawasan Simpang Kawat. Total dua jalur ini sepanjang lebih 6 Kilometer (KM), dan memiliki lebar 1 Meter.

Kepala Bidang Perhubungan Darat dan Perkeretaapian Dishub Provinsi Jambi, Wing Gunariadi menyampaikan, jalur khusus sepeda ini tidak menggunakan trotoar Jalan, melainkan menggunakan sisi bahu (marka) jalan yang telah dilebarkan.

"Nanti di situ akan dibuat marka khusus sepeda berwarna hijau. Nanti ada lambang sepeda. Untuk BI-UIN Telanai sepanjang 2,1 Km. Sedangkan Tugu Juang-Simpang Kawat sepanjang 3 Km," sampainya.

Untuk 2 jalur ini disiapkan anggaran sebesar Rp 300 juta pada APBD Perubahan 2020. Anggaran itu sudah termasuk pembuatan fasilitas keselamatan, mulai dari rambu hingga tempat parkir sepedanya.

"Insya Allah ditargetkan Desember sudah selesai pekerjaan dua jalur sepeda, pekerjaan sendiri berupa paket penunjukan langsung," terangnya. (aba)





Tim Optimis CE Menang Dalam Pilkada Berdasarkan Hasil Survei

  • Sabtu, 28/11/2020 12:22:24 WIB
  • Dibaca: 526

BUNGO - Pemilihan kepala daerah ( pilkada) sudah tinggal hitungan hari saja, dukungan kepada calon gubernur jambi Cek En...