Tour Wisata ke Desa Tangkit, Sungai Gelam

Tour Wisata ke Desa Tangkit, Sungai Gelam
Tour Wisata ke Desa Tangkit, Sungai Gelam
Share

MUARO JAMBI - Usaha Perjalanan wisata SMK negeri 2 Kota Jambi bekerjasama dengan desa tangkit kecamatan sungai gelam dalam hal menjadikan desa Tangkit sebagai desa wisata, jarak yang tidak begitu jauh dari kota menjadikan desa tangkit tempat tujuan yang strategis untuk berwisata. perjalanan kali ini dikelola oleh smeanda tour and travel, dalam kegiatan ini terlihat antusias dari turis lokal yang dibawa oleh smenda tour dan travel yang menjadi guide nya adalah siswa dari SMK negeri 2 Kota Jambi. Semua persiapa Mulai dari menyiapkan peserta, destinasi tujuan, hingga oleh oleh yang akan dibawa, disiapkan oleh siswa.

Usai perjalanan yang memakan waktu sekitar 30 menit, sampailah para turis di lokasi pertama yaitu Tugu nanas. Tugu nanas merupakan tugu ikonik di desa tangkit baru. Tugu ini dibangun karena desa tangkit merupakan sentra penghasil nanas terbesar di provinsi Jambi. Bahkan, nanas tangkit sudah sangat dikenal di seluruh antero pulau sumatra. 

Lokasi kedua yaitu kebun nanas terbesar di jambi. 

Disini peserta tour diperlihatkan secara langsung bagaimana proses nanas itu dipanen. 

Lokasi ketiga yaitu toko oleh-oleh khas Jambi

Bahan olahan nanas. Pemilik dari toko oleh oleh ini merupakan alumni SMEA 2 yang saat ini SMK negeri 2 Kota Jambi. Pak baso menyambut hangat kedatangan peserta tour, disini peserta turut melihat secara langsung proses produksi yang dilakukan di rumah preduksi ini, mulai dari proses kupas, penghalusan nanas, pembuatan dodol, hingga packaging. Peserta tour boleh mencicipi lezatnya olahan nanas oleh-oleh khas desa tangkit kecamatan sungai gelam ini. 

Diakhir kegiatan setelah melewati panjangnya perjalanan, melewati kebun dan proses produksi yang melelahkan, peserta tour menikmati segarnya es buah nanas yang segar dipanen langsung dari kebun nanas kebun yang terluas di provinsi Jambi. Terdata lebih dari 10 hektar hamparan kebun nanas yang bisa dipanen setiap 4 bulan sekali.

Adapun tujuan dari desa wisata ini adalah mengembangkan potensi wisata lokal yang harus didukung oleh berbagai sektor baik sektor pendidikan, instansi terkait dan utamanya investor. Desain packaging, proses penyambutan tamu, dan promosi desa wisata ini, terselenggara atas kerjasama SMK negeri 2 Kota Jambi dan desa tangkit kecamatan sungai gelam kabupaten muaro jambi.





Yan Rizal Uzman Dorong Pelaksanaan KLB Demokrat, Begini Alasannya

  • Senin, 22/02/2021 18:21:44 WIB
  • Dibaca: 69

JAKARTA - Politikus Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat, Yan Rizal Uzman mendorong pelaksanaan Kongres Luar Biasa (...