PetroChina Dukung Komunitas Kopi Orang Kite untuk Promosi dan Pemasaran Kopi Liberika

PetroChina Dukung Komunitas Kopi Orang Kite untuk Promosi dan Pemasaran Kopi Liberika
PetroChina Dukung Komunitas Kopi Orang Kite untuk Promosi dan Pemasaran Kopi Liberika
Share

JAMBI - Kamis 10 Desember 2020, bertempat di Kantor Penghubung PetroChina Jambi, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. memberikan bantuan program pengembangan kopi liberika kepada Komunitas Kopi Orang Kite, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam acara serah terima tersebut, langsung diberikan oleh Lasno selaku Community Development Supervisor PetroChina, dan diterima oleh Ahmad Al Qurni selaku Ketua Komunitas KOK, dan Rachmawati sebagai perwakilan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Tanjung Jabung Barat. Turut hadir dalam acara serah terima, yakni M. Yuda selaku CSR Spesialist PetroChina, Sarbani dan Eka selaku Comdev Staff PetroChina.

Adapun sejumlah barang yang diserahkan oleh PetroChina kepada Komunitas KOK, terdiri dari tenda pameran portable, meja kursi portable, gerobak kopi, peralatan seduh kopi dengan berbagai metode seduh seperti V-60, Vietnam Drip, Rokpresso, French Press dan lainnya, grinder, steamer, generator set dan peralatan lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan pameran ataupun kegiatan lainnya untuk promosi, dan pemasaran kopi liberika berkeliling langsung ke pasar penggemar kopi liberika.

Komunitas Kopi Orang Kite sendiri merupakan komunitas pelaku usaha kopi dari hulu sampai hilir, yang memiliki visi dan misi untuk melakukan edukasi hulu dan hilir kopi kepada masyarakat dengan kegiatan yang terjadwal, melakukan kegiatan yang berkaitan dengan promosi kopi liberika, dan bekerja sama dengan para pihak yang ada baik swasta ataupun pemerintah dan lintas komunitas, dalam rangka meningkatkan potensi kopi liberika sehingga tercapai sinergisitas dari hulu ke hilir, untuk terwujudnya kopi liberika yang memiliki keseimbangan terhadap fungsi dan nilai sosial, ekonomi, budaya, dan wisata.

Ahmad Al Kurni yang akrab dipanggil Al selaku Ketua Komunitas KOK menjelaskan, bantuan program pengembangan kopi liberika akan digunakan sebagai ajang promosi dan edukasi kepada masyarakat, yang ingin belajar mengenai ilmu menyeduh kopi liberika.

“Terima kasih pada PetroChina yang telah mendukung perindustrian kopi di Tanjung Jabung Barat,” ujarnya.

Dalam usia Komunitas KOK yang sudah berjalan 2 tahun, Al menjelaskan beberapa kegiatan Komunitas KOK yang telah dilaksanakan selama ini.

 

Jumat Modiez merupakan kegiatan hari Jumat dengan tajuk Minum Kopi di Temani Live Muzzik . Dari kegiatan rutin ini Komunitas KOK berharap agar kantor-kantor pemerintahan dan instansi lainnya lebih banyak menyediakan kopi liberika, sebagai kopi daerah sendiri daripada kopi lainnya.

Sementara itu, Lasno selaku Comdev Supervisor PetroChina menyampaikan, bantuan kepada Komunitas KOK ini merupakan salah satu komitmen PetroChina, dalam pengembangan kopi liberika di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Bantuan yg kita berikan kepada Komunitas KOK berupa perlengkapan pameran lengkap dengan peralatan kopi dan lainnya, sehingga dapat digunakan KOK untuk promosi kopi liberika lebih gencar lagi,” ujar Lasno.

Lebih lanjut, M. Yuda selaku CSR Spesialist PetroChina berharap, dengan adanya program CSR ini, kopi liberika dapat lebih dikenal masyarakat dan dapat diperluas pemasarannya, terutama di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Rachmawati selaku staf pada Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Tanjung Jabung Barat menyampaikan apresiasinya kepada PetroChina, yang terus mendukung pengembangan kopi liberika melalui beberapa kegiatan CSR yang dilakukan, dan menjadi sponsor pada beberapa kegiatan Diskoperindag khususnya yang terkait pada kopi liberika.

Khusus kepada bantuan yang diserahkan kepada Komunitas KOK, Rachmawati menyampaikan harapannya agar perlengkapan operasional untuk kegiatan promosi kopi liberika yang diberikan oleh PetroChina dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh KOK. Selain itu ia berharap agar KOK terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, PetroChina, dan pelaku usaha kopi lainnya dalam pengembangan kopi liberika.

Penulis: UT