Bangun Perpustakaan di Desa Pandan Lagan, PetroChina bersama Pemdes Gaungkan Semangat Literasi

Bangun Perpustakaan di Desa Pandan Lagan, PetroChina bersama Pemdes Gaungkan Semangat Literasi
Bangun Perpustakaan di Desa Pandan Lagan, PetroChina bersama Pemdes Gaungkan Semangat Literasi
Share

MUARA SABAK TANJAB TIMUR-Menjadi hal penting dalam membangun suatu daerah adalah membangun sumber daya manusianya. Hal inilah yang nyata dilakukan Pemerintah Desa Pandan Lagan. Dengan sumbangsih nyata peduli terhadap masyarakat sekitar lingkungan perusahaan, SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd. membangun satu unit perpustakaan desa.

Perpustakaan desa yang saat ini telah selesai dibangun, bertujuan untuk menggaungkan semangat literasi kepada masyarakat Desa Pandan Lagan dan sekitarnya, terkhusus untuk anak-anak. Bangunan perpustakaan desa ini berdiri kokoh, dibalut dengan nuansa lokal, yakni rumah panggung daerah setempat. Terbilang strategis, lokasi perpustakaan desa ini tepat berdampingan dengan taman olahraga Desa Pandan Lagan, yang sarananya pun turut dibantu oleh PetroChina.

Kepala Desa Pandan Lagan, Winarno mengatakan, perpustakaan desa sudah selesai dibangun. Namun pengoperasiannya masih dalam tahap persiapan.

"Terkait dengan pengoperasian dan launching perpustakaan desa masih dalam proses. Akan dipersiapkan terlebih dahulu, mulai dari petugas yang menjaga perpustakaan desa, dan secara bertahap buku-buku akan disusun terlebih dahulu," ujarnya.

Winarno menuturkan, stok buku untuk mengisi perpustakaan desa saat ini sudah dimiliki, dan selanjutnya akan dipindahkan secara bertahap melalui sumbangsih masyarakat dengan bergotong royong.

"Jika buku-buku sudah dipindahkan dan petugas perpustakaan desa sudah siap, maka akan kita koordinasikan bersama pihak PetroChina, untuk meresmikan langsung, bersamaan dengan peresemian taman olahraga." ungkapnya.

Meski belum beroperasi, namun bangunan perpustakaan di Desa Pandan Lagan kini telah mampu menarik minat masyarakat setempat maupun pendatang dari desa lain, untuk sekadar berfoto di bangunan perpustakaan desa yang syarat akan nuansa kedaerahannya ini. Bahkan teras perpustakaan desa ini sudah dijadikan sebagai lokasi berkumpulnya anak-anak desa setempat, untuk datang di sore hari mengerjakan pekerjaan rumah, dan menyelesaikan tugas sekolah secara mandiri maupun berkelompok.

Dituturkan Sutiyani, yang merupakan warga RT 04, Dusun Margodadi, Desa Pandan Lagan, dengan berdampingannya taman olahraga dan bangunan perpustakaan desa, lokasi ini terus ramai dikunjungi, bahkan dari masyarakat desa tetangga.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa Pandan Lagan terutama PetroChina, karena saat ini anak-anak bisa belajar bersama dengan nyaman. Apalagi bisa sambil bermain di taman dan yang paling penting ada fasilitas wifi gratis yang diberikan. Harapannya, semoga bangunan perpustakaan desa bisa segera dilaunching, agar anak-anak bisa menambah wawasan dengan membaca buku yang telah disediakan.” ucapnya. (Rm)





Demokrat Makin Panas, Selain Moeldoko, Ibas Juga ‘Dimainkan’ Untuk Gantikan Ketum AHY

  • Sabtu, 27/02/2021 16:44:58 WIB
  • Dibaca: 70

JAKARTA— Salah satu Pendiri Partai Demokrat HM Damrizal menyebut ada 2 kader Demokrat diusulkan menggantikan AHY s...