Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Mekar Tani Tahun Buku 2020

Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Pada Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Mekar Tani Tahun Buku 2020
Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Pada Gelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Mekar Tani Tahun Buku 2020
Share

JAMBI - Rapat Anggota Tahunan (RAT) KPN Mekar Tani Tahun Buku 2020 ini gelar di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi pada Rabu (3/2/2020).

Dalam kesempatan ini hadir Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Kota Jambi, Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Ketua Badan Pengawas KPN Mekar Tani beserta anggota, Ketua Pengurus KPN Mekar Tani beserta Jajaran.

Dalam sambutannya Ir. H. Amir Hasbi, ME selaku Pembina KPN Mekar Tani Mengatakan Rapat Anggota Tahunan ini merupakan tanggung jawab anggota, pengurus dan pengawas untuk melaksanakannya. Karena salah satu indikator koperasi sehat adalah terselenggaranya RAT tepat waktu.

“Melihat kondisi KPN Mekar Tani hingga saat ini, saya menilai bahwa koperasi kita ini sangat menjanjikan mengingat dari tahun ke tahun menunjukkan trend positif, meskipun ada pengurangan anggota dikarenakan pensiun atau pindah tugas.” Sebutnya

Khusus untuk Tahun Buku 2020 ini, disaat menghadapi pandemi Covid-19, Koperasi dengan terbuka memberikan kelonggaran untuk penundaan pembayaran angsuran pinjaman selama 1 (satu) bulan, sehingga anggota terbantu, setidaknya dana angsuran tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain.

Kegiatan yang telah dilaksanakan sejauh ini sangat bermanfaat, seperti adanya dana sosial, dana pendidikan bagi anak-anak anggota yang berprestasi, serta kegiatan lainnya.

Berdasarkan laporan pertanggung jawaban pengurus dan BP, terlihat bahwa Jumlah modal per 31 Desember 2020 sebesar Rp. 3:24 M terjadi peningkatan dibanding tahun sebelumnya (Rp. 3,07 Milyar). SHU bersih setelah dikurangi biaya adalah sebesar Rp. 315,7 juta lebih. Jumlah ini menurut hemat saya cukup besar, dan perlu dipertahankan jika memungkinkan ditingkatkan.

Berdasarkan informasi dari Pengurus, jumlah anggota KPN Mekar Tani per 31 Desember 2020 adalah sebanyak 130 orang yang tersebar di beberapa dinas/intansi.