2021, Pertumbuhan Ekonomi Jambi Membaik

Illustrasi
Share

JAMBI - Pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi pada triwulan I 2021 diprakirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya. Perbaikan terutama didorong oleh peningkatan permintaan komoditas energi primer dan bahan baku pertanian seiring pemulihan ekonomi dan aktivitas sosial. Keyakinan masyarakat dan pelaku usaha diperkirakan meningkat seiring implementasi vaksinasi Covid-19 sehingga akan mendorong peningkatan permintaan.

Seluruh lapangan usaha diprakirakan mengalami perbaikan terutama lapangan usaha pertanian, lapangan usaha pertambangan, lapangan usaha perdagangan, dan lapangan usaha industri pengolahan. "Secara keseluruhan tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi diprakirakan meningkat dibandingkan tahun 2020 sejalan dengan pulihnya perekonomian global dan domestik setelah pandemi Covid-19," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Suti Masniari Nasution melalui rilisnya.

Relaksasi pembatasan sosial seiring implementasi vaksin dan penanganan Covid-19 yang semakin baik akan mendorong normalisasi mobilitas manusia dan barang, yang berdampak pada peningkatan permintaan domestik serta aktivitas produksi.

Dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi, fokus kebijakan Bank Indonesia diarahkan untuk memperkuat sinergi kebijakan dan mendukung berbagai kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional. Hal itu melalui pembukaan sektor-sektor ekonomi produktif dan aman Covid-19, akselerasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran, melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial, serta mengakselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan. "Permintaan terhadap energi primer diprakirakan tumbuh positif seiring dengan pulihnya perekonomian global," imbuh Suti.

Selain itu, kebijakan Fiskal pemerintah yang ekspansif untuk mendukung proyek infrastruktur Program Strategis Nasional (PSN) dan berlanjutnya program bansos untuk memperkuat daya beli masyarakat akan menjadi faktor pendorong perbaikan ekonomi ke depan.