Unja Terima 1.892 Maru dari Jalur SNMPTN

Illustrasi
Share

JAMBI - Calon Mahasiswa Baru (Maru) Universitas Jambi yang dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021 agar dapat segera melaksanakan registrasi secara online melalui website ltmpt.ac.id. Dimana pada tahun ini Unja menerima Maru melalui jalur SNMPTN ini sebanyak 1.892 dari 12.565 peserta yang telah mengajukan berkas Portfolio berdasarkan nilai raport siswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Kamid, M.Si mengatakan, penerimaan Maru melalui jalur SNMPTN ini tidak dilakukan melalui ujian, melainkan berdasarkan nilai raport siswa yang dikirimkan ke Unja. Siswa yang mengikuti program ini bukan hanya berasal dari Jambi saja tetapi juga berasal dari seluruh Indonesia yang bebas memilih perguruan tinggi yang diinginkan. “Pada dasarnya Unja tidak mengumumkan kelulusan, namun hasil kelulusan dikirimkan langsung kepada calon mahasiswa yang sudah mendaftar dari pelaksana yaitu Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT),” katanya.
Bagi calon mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus, untuk segera melakukan registrasi ulang melalui website ltmpt.ac.id dan juga melakukan registrasi ke Unja. Selain kelengkapan berkas, ada beberapa tes kesehatan juga yang harus dijalani oleh calon Maru untuk beberapa fakultas tertentu, seperti tes kesehatan, buta warna, psikometri dan tes wawancara. “Untuk jadwalnya akan menyusul nantinya,” sebutnya.
Selain SNMPTN, lanjut Kamid, masih ada dua jalur besar masuk Unja, yaitu SBMPTN dan SMMPTN. Untuk SBMPTN akan dilaksanakan pada 12-18 April 2021 di lima lokasi yang berbeda, yaitu di Kampus Unja Buluran (Kedokteran), Kampus Unja Telanai, dan Kampus Mendalo, serta dua mitra yaitu SMAN 1 Muarojambi dan SMA Titian Teras. “Kuota penerimaan Unja dari jalur ini sebesar 45 persen atau sekitar 4.000 an mahasiswa baru dari total penerimaan mahasiswa baru Unja tahun 2021 sebanyak 8.000 an mahasiswa baru,” jelasnya.
Untuk ujian SBMPTN ini direncanakan akan dilaksanakan dalam dua tahap, namun hal itu akan dilihat dari jumlah calon mahasiswa yang mendaftara nantinya. Apabila berkaca dari tahun sebelumnya, jumlah calon mahasiswa baru yang mendaftar ke Unja melalui jalur SBMPT yaitu sebanyak lebih dari 10.000 ribu calon mahasiswa baru, dan dimungkinkan pada tahun ini jumlahnya tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya. “Sedangkan untuk SMMPTN atau jalur mandiri akan dilaksanakan setelah SBMPTN,” imbuhnya.





Ada 7 Menteri Jokowi Berpotensi Besar Maju Pilpres 2024, Risma dan Tito Masuk

  • Jumat, 16/04/2021 10:20:25 WIB
  • Dibaca: 59

JAKARTA – Setidaknya ada tujuh menteri pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai memiliki potensi b...