Ini Dia Penjelasan Tentang Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Akan Kita Rasakan Sebentar Lagi

Illustrasi
Share

JEKTV.CO.ID - Ketika datang hari raya idul fitri pasti banyak sekali orang yang akan mengucapkan selamat merayakan. Tapi kalian semua tahu tidak hukum mengucapkan selamat Idul Fitri itu?

Berbicara hal tersebut, Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah akhirnya angkat bicara.

“Ucapan selamat ketika hari raya Id dibolehkan. Tidak ada ucapan tertentu saat itu. Apa yang biasa diucapkan manusia dibolehkan selama di dalamnya tidak mengandung kesalahan (dosa),” jawabnya (Majmu’ Fatawa Rosail Ibni ‘Utsaimin, Asy Syamilah, 16/129).

Lalu Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rahimahullah kembali ditanya, yakni hukum berjabat tangan ,saling berpelukan, dan mengucapkan selamat usai Sholat Id.

“Perbuatan itu semua dibolehkan. Karena orang-orang tidaklah menjadikannya sebagai ibadah dan bentuk pendekatan diri pada Allah. Ini hanyalah dilakukan dalam rangka adat (kebiasaan), memuliakan, dan penghormatan.”

“Selama itu hanyalah adat (kebiasaan) yang tidak ada dalil yang melarangnya, maka itu asalnya boleh. Sebagaimana para ulama katakan, ‘Hukum asal segala sesuatu adalah boleh.”

“Sedangkan ibadah itu terlarang dilakukan kecuali jika sudah ada petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya’,” jelasnya (Majmu’ Fatawa Rosail Ibni ‘Utsaimin, 16/128).

Jadi yang harus kalian ketahui nih tipstrenners, mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri itu boleh-boleh saja. Misalnya dengan ucapan “Selamat hari raya”, “Taqobbalallahu minna wa minkum”, atau lainnya.(ayu/tipstren)

Sumber: www.tipstren.pojoksatu.id





Ini Tokoh asal Jatim yang Dinilai Layak jadi Pendamping Ganjar

  • Rabu, 23/06/2021 10:49:38 WIB
  • Dibaca: 24

JAKARTA – Anggota DPD RI Abdul Rachman Thaha menilai Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo merupakan s...