Merasa Meriang, Mual, Hingga Loyo Usai Vaksin? Jangan Buru-buru Minum Obat, Segera Lakukan Ini

Illustrasi
Share

JAKARTA — Efek samping vaksin covid-19 sering dikeluhkan masyarakat yang baru menjalani vaksinasi. Beberapa efek muncul, seperti pegal-pegal, nyeri, pusing, mual, dan menggigil. Hal itu terjadi karena sistem imun tubuh bekerja untuk membentuk antibodi.

Biasanya efek samping vaksin covid-19 akan hilang dengan sendirinya. Durasinya sekitar 1-3 hari.

Berikut ini tiga langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi efek samping vaksin covid-19.

Beristirahat dengan Cukup
Tubuh akan fit jika kamu beristirahat dengan cukup sebelum menjalani vaksinasi covid-19. Efek samping yang muncul setelah disuntik vaksin covid-19 pun bisa diminimalkan. Membuat pikiran tetap relaks dan fresh juga sangat penting. Dengan demikian, kamu tidak akan mengalami ketegangan saat vaksin.

Minum Air Putih yang Banyak
Kamu sangat direkomendasikan meminum air putih dalam jumlah anyak sebelum vaksinasi. Manusia membutuhkan minimal tiga liter air untuk diminum sehari-hari. Tidak ada salahnya kamu minum lebih dari itu. Jika perlu, kamu juga bisa membawa bekal minuman ke tempat vaksin. Dengan demikian, kebutuhan cairan tubuh tetap terjaga.

Mengompres dengan Air Dingin
Kamu bisa mengompres dengan air dingin untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Kamu bisa menggunakan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air dingin terlebih dahulu. Setelah itu, kamu hanya perlu menempelkan handuk itu di tempat yang baru disuntik. Efek samping vaksin covid-19 pun bisa diminimalisasi. (genpi/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id





Mashuri Datang Sebagai Penantang Cik Bur Di Musda Partai Demokrat 2021

  • Kamis, 25/11/2021 10:09:42 WIB
  • Dibaca: 349

JAMBI - Teka-teki calon ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jambi terungkap. Ini menyusul dari dua calon yang mencal...