Rebusan Serai Campur Jeruk Nipis, Khasiatnya Luar Biasa

Illustrasi
Share

JAKARTA– Indonesia kaya akan pengobatan tradisional menggunakan bahan alami, termasuk campuran air serai dan jeruk nipis.

Serai mengandung beragam zat gizi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Selain menambah cita rasa pada masakan, serai juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat. Sedangkan jeruk nipis banyak mengandung vitamin dan antioksidan. Kamu bisa mencoba menambah perasan air jeruk nipis ke dalam minuman air serai.

Berikut khasiat yang kamu dapatkan dari kedua bahan alami ini.

Detoksifikasi

Manfaat ramuan ini yaitu dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.

Mengobati insomnia

Manfaat selanjutnya, membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu kamu lebih nyenyak saat tidur dan bantu mengobati insomnia.

Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika kamu mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat. (Genpi/fajar)

Sumber: www.fajar.co.id