Wali Kota Jambi Fasha Launcing Buku Sejarah Batik Jambi

Wali Kota Jambi Fasha Launcing Buku Sejarah Batik Jambi
Wali Kota Jambi Fasha Launcing Buku Sejarah Batik Jambi
Share

KOTA JAMBI - Wali Kota Jambi Syarif Fasha, menghadiri pelantikan Dekranasda Kota  Jambi masa bhakti 2018-2023, serta melaunching buku sejarah batik jambi dan perkembangannya, selasa (5/10/21), bertempat di aula griya mayang rumah dinas Wali Kota Jambi.

 

Dalam kesempatan tersebut Fasha menuturkan, buku sejarah batik jambi tersebut telah digagas selama 2 tahun. Dengan dilaunchingnya buku tersebut diharapkan dapat membuka hasana tentang sejarah batik jambi, serta menciptakan rasa bangga para pembatik dari kisah-kisah yang telah dibukukan.

 

 "Mudah-mudahan nanti para pembatik juga bangga bahwa karya-karya mereka sudah dibukukan," ujarnya.

 

Selain itu Fasha juga menekankan kepada para pembatik untuk mementingkan kualitas dalam proses pembuatan batik jambi, yang memiliki nilai historis. Karena saat ini banyak penggila batik yang tidak melihat harga namun mementingkan kulitas dari batik tersebut.

 

"Jangan lagi mengejar untuk kuantitas, tetapi bagaimana kualitasnya sendiri, karena banyak sekali penggila batik tidak melihat harga dan bukan story dari batik serta sejarah pembuatan batik ini seperti apa," tuturnya.(*)

 

Fasha juga menghimbau agar para pembantik tetap membudayakan pewarna alami dalam proses pembuatan batik jambi,seperti pewarna dari kulit jengkol, pohon mahoni dan lain sebagainya.