Resmi Dikukuhkan, IKBJ Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Provinsi Jambi

Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Bungo Jambi
Pengukuhan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Bungo Jambi
Share

JEKTV.co.id - JAMBI - Pengurus Ikatan Keluarga Besar Bungo Jambi resmi dikukuhkan, sabtu (27/11/21), Bertempat di auditorium rumah dinas gubernur. 

 

sebagai persembahan dan upaya mengenalkan budaya bungo, acara dibuka dengan Tarian Tauh yang merupakan persembahan bagaimana kami keluarga besar Bungo yang ada di Jambi merasa senang dan bahagia dipersatukan oleh IKBJ dan tentu saja dengan penampilan tari tauh ini kami keluarga bungo ingin terus menghidupkan budaya bungo terutama generasi penerus dan tarian ini merupakan saja sebagai persembahan hormat kami seluruh keluarga besar Bungo buat seluruh Tamu Undangan. 

 

Acara pelantikan malam ini adalah forum silaturahmi keluarga besar bungo yang ada di Jambi. Rangkaian acara pelantikan malam ini setelah tari tauh diisi pelantikan Ketua Umum dan Pengurus Terpilih oleh Bupati Bungo Bapak H. Mashuri, dilanjutkan dengan rangkaian penyematan pin oleh Bupati serta penyerahan bendera Pataka IKBJ. 

 

Pada sambutan ketua pelaksana yang disampaikan Bapak Fauzan Majid menyebutkan bahwa pelantikan pada malam ini adalah pengukuhan atas terpilih Pak Syahrasaddin sebagai ketua umum terpilih hasil Musra V yang diselengarakan bulan setember lalu dan sekaligus pelantikan pengurus terpilih IKBJ periode 2021-2025, ujarnya.

 

"Malam ini kami ingin menyampaikan IKBJ selain wadah kekeluaragaan bagi seluruh warga bungo di Jambi, juga ingin menyampaikan bahwa IKBJ juga siap bekerjasama dan bermitra dengan pemerintah provinsi jambi menuju Jambi mantap, dan mendukung program pembangunan Bungo Maju dan Sejahtera". Pangkasnya.

Selanjutnya, Sambutan Ketua Umum IKBJ Bapak Syarahsaddin, dalam sambutannya ketua umum IKBJ yang dikenal dengan panggilan bang sadin menyampaikan ucapan terimakasih atas fasilitasi dari Bapak Gubernur dalam mendukung kegiatan IKBJ. terima kasih juga kepada Bupati yg juga memfasilitasi IKBJ dalam kemajuan IKBJ. 

 

"Sebagai wujud kepedulian IKBJ terhadap keluarga bungo pada beberapa waktu lalu sebagai bentuk kepedulian kami membantu keluarga bungo yang kurang mampu dengan bantuan bedah rumah, bantuan ini jg di bantu oleh Bapak Hasan Basri Agus, kekurangan untuk kebutuhan penyelesaian bantuan bedah rumah ini kami juga bermohon bantuan dari Bapak Zulfikar Ahmad", lanjutnya lagi.

 

"Dalam kegiatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada bapak wagub yang sudah hadir pada acara ini dan mohon sampaikan salam dan terima kasih kami kepada Gubernur".Ucapnya

 

"Dukungan dari Bupati Bungo kami juga sangat berharap terus mendukung program IKBJ, salah satunya kami akan mendirikan koperasi syariah yg bisa menjadi simpan pinjam untuk membantu warga bungo, Organisasi IKBJ ini memang diharapkan ada income generating buat seluruh keluarga bungo Jambi", tutupnya

 

Sementara itu, Sambutan tokoh Bungo Bapak Ahmad Zulfikar Anggota DPR RI Perwakilan Jambi. yang berasal dari Bungo, beliau mengatakan saat ini dalam kondisi kurang sehat, dengan logat bungo beliau berujar " Ngan Pakso Hadir Kareno nak mancelik munsanak Bungo" (saya paksa hadir karena ingin melihat saudara semuanya), Pesannya kepada seluruh pengurus terpilih harus bekerja dengan baik dan yang sudah dimisioner harus mendukung dan membantu. Karena tunjuk ajar dari yang berpengalaman itu penting. Datuk Fikar juga mengingatkan Adat dan budaya Bungo harus di hidupkan kembali dan diperkenalkan kepada generasi penerus dan bagaimana keberlanjutan adat dan budaya terus dijunjung dan dipertahankan. Ujarnya. 

 

Budaya bungo dalam kepemerintahan jugo memiliki ke khasan sendiri dimana kepemimpinan desa disebut Rio, cara beliau saat penyampaian ketika pidato membuat seluruh warga bungo merasa bernostalgian dan terasa balek ka dusun (pulang kampung) dan petuah beliau terasa langsung masuk kedalam hati seluruh warga bungo. Beliau menekankan jangan sampai terpecah belah dan terus kompak dan jangan mudah terpecah belah, karena kito semua mansanak. Tutupnya.

 

Selain itu, Sambutan bupati bungo yang malam itu diwakilkan oleh Bapak Mursidi, Sekda Bungo, menyampaikan bahwa kami pemerintahan bungo sangat mendukung program kegiatan IKBJ dan sangat terbuka sebagai mitra dalam bekerjasama, dalam pembangunan Bungo Menuju visi misi Bungo Maju dan Sejahtera "Master" Jilid II tahun 2024. 

 

Masih menurut sekda, bahwa beliau akan berupaya memfasiliatasi keluarga bungo untuk bisa berkumpul dan membangun silaturahmi dengan mempersilahkan menggunakan mess bungo untuk menjadi sekretariat IKBJ. Katanya.

 

Melanjutkan pesan bupati bahwa IKBJ ini menjadi wadah yang bisa mendukung program pembangunan Bungi yang lebih maju kedepan tdan terus bersineegis dalam mendukung Provinsi Jambi ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Jambi Bapak Abdullah Sani yang biasa dipanggil pak yai, mewakili Gubernur Jambi, mengucapkan selamat kepada ketua umum dan pengurus IKBJ yang baru dilantik dan dikukuhkan. "pertama say mohon maaf karena gubernur tidak bisa hadir karena mendampingi kunjungan Menteri, saya ingin menyampaikan pesan Gubernur Jambi, beliau menyampaikan pertemuan IKBJ ini memberi berkah untuk kabupaten bungo dan provinsi jambi, berkah yg dimaksud adalah dengan adanya pengurus baru ini tdak mengecilkan peran yg lama, karena tidak akan ada skrg kalau tidak ada awalnya, jadi pengurus saat ini kalau ada celah yg belum elok maka di elokkan yang sudah elok makin menjadi lebih elok". Ujarnya.

 

Wagub menambahkan, Paguyuban ini boleh dari mana saja tapi karena kita sudah di Jambi, maka dimano bumi dipijak disitu langit dijunjung dan dimano tembliang di cacak disitu tanaman tumbuh, artinya jika bungo terus menjadi baik maka jambi juga menjadi baik, Karena kita sesama manusia bersaudara baik satu kampung, satu daerah bahkan satu indonesia, jadi tugas kita bagaimana IKBJ memajukan bungo maka otomatis ikut memajukan jambi karena provinsi jambi lah yg akan dikenal orang, jdi apapun paguyubannya ujungnya adalah untuk persatuan". Katanya lagi.

 

"Tidak ada alasan bagi saya apa itu bungo, apa itu merangin, apa itu tebo tapi adalah bagaimana kita semua memajukan provinsi Jambi. yang harus kita pertahankan dan kita katakan bahwa banyak sumber daya orang bungo yg ikut membesarkan dan membangun provinsi Jambi. Sumber daya yang mantap adalah berbudaya, berahlak dan beradat. Dengan ikatan keluarga bungo jambi akan menambah energi dalam pencapaian visi misi jambi mantap 2024. Jadi mohon doakan Pak Gub dan Sayo untuk bisa amanah dalam menahkodai provinsi jambi. Sekali lagi selamat buat pengurus ikbj periode 2021-2025". Tutupnya.

 

Sebagai bentuk kepedulian maka di akhir acara juga ada penyerahan secara simbolis kunci rumah kepada masyarakat yg mendapat bantuan bedah rumah melalui kegiatan peduli sesama warga bungo oleh IKBJ. Untuk mengenang dan mengingat akan dusun atau kampung maka dalam pelantikan ini juga dihibur dengan nyanyian khas bungo yaitu lagu karinok dan rampi rampo. Sebagai hiburan untuk seluruh keluarga bungo di Jambi.(rcc)

Penulis: Rcc