Pemanfaatan Laboratorium Virtual Sebagai Solusi Praktikum Di Tengah Perkuliahan Daring

Gambar : Pelaksanaan pelatihan secara daring
Gambar : Pelaksanaan pelatihan secara daring
Share

JEKTV.co.id - Jambi - Universitas Jambi menerapkan sistem perkuliahan daring sebagai upaya sosial distancing di masa pandemi covid-19 sehingga sebagian besar kegitan perkuliahan dilakukan secara daring, termasuk kegiatan pratikum. Pembelajaran praktikum yang dilakukan secara jarak jauh memberikan perbedaan yang cukup besar dengan aktivitas pembelajaran yang seharusnya dilakukan di laboratorium. Mahasiswa dalam melakukan praktikum memerlukan peralatan dan pembimbingan yang ada di laboratorium. Hal ini berakibat kepada menurunnya pengalaman mahasiswa dalam melakukan tahapan eksperimen dan keterampilan dalam menggunakan peralatan dan instrumen yang ada di laboratorium. Hal ini menuntut adanya solusi alternatif yang paling mungkin untuk dilakukan. Salah satu alternatif yang dilakukan dalam melakukan praktikum dilakukan dengan memanfaatkan laboratorium virtual.

Untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa menggunakan laboratorium virtual maka tim pengabdian masyarakat program studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi menyusun modul praktikum fisika dasar dan elektronika dasar menggunakan software untuk laboratorium virtual. Adapun aplikasi yang digunakan untuk matakuliah Fisika Dasar adalah PhET yang merupakan software pembelajaran dari Universitas Colorado. Sedangkan untuk kajian bidang kajian elektronika digunakan software Proteus.

 

 

Sebagai tindak lanjut kegiatan, dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan kepada Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi secara daring pada hari Rabu, 1 Desember 2021. Kegiatan Pelatihan ini dibuka oleh Bapak Mardian Peslinof, S. Si, M. Si selaku ketua tim pelaksana serta dihadiri oleh Yoza Fendriani, S.Pd., M.Si dan Benedika Ferdian Hutabarat, S. Komp, M. Kom sebagai anggota tim. Adapun materi pelatihan disampaikan oleh Bapak M. Ficky Afrianto, S.Si., M.Si. Pada kesempatan ini, Bapak M.Ficky Afrianto menyampaikan supaya mahasiswa lebih giat dan aktif mengulik platform-platform lab virtual yang sudah tersedia untuk menunjang kegiatan pembelajaran dengan dibantu oleh modul penuntun yang sudah diberikan.